Ada pejabat di Panama Papers

SKANDAL Panama Papers menyengat sejumlah pejabat dan pengusaha Tanah Air pada pertengahan April lalu. Salah satunya Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Harry Azhar Azis. Databasedari frma hukum Mossack Fonseca yang dibocorkan The International Consortium of Investigative Journalists menyebutkan Harry adalah pemilik perusahaan cangkang Sheng Yue International Limited. Pejabat lain yang namanya tercantum di Panama Papers adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Presiden atau Pudel

MENGUBURKAN semua hasil jajak pendapat hingga beberapa hari menjelang pemungutan suara, juga perkiraan banyak analis politk, Donald J. Trump memenangi pemilihan umum Presiden Amerika Serikat. Dengan mengumpulkan 306 electoral college, semacam wakil dari para pemilih, dia menundukkan pesaingnya, kandidat Partai Demokrat, Hillary Clinton— yang memperoleh 232 electoral college. Kemenangan pengusaha real estate berusia 70 tahun yang belakangan juga populer sebagai pembawa acara di televisi itu memang mengejutkan. Tapi bukan tak ada yang meramalkannya. Di antara sedikit saja yang percaya bahwa Trump punya peluang ada Michael Moore, sutradara flm dokumenter dan aktvis berhaluan kiri.

Penjelasan mengenai kemenangan yang dianggap ”tak Amerika banget” itu bisa datang dari mana saja, juga siapa pun. Yang jelas, bagaimana Trump berhasil melambungkan popularitasnya adalah poin terpentng yang menimbulkan kecemasan di kalangan liberal: sejak memulai kampanye demi memperoleh tket Partai Republik, dia memainkan kartu kartu konservatsme, supremasi kaum kulit puth, kepemilikan senjata, bahkan kebencian terhadap Islam, orang asing, serta perempuan dan kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Satu hal lagi, yang sejauh ini masih kontroversial: dugaan mengenai keterlibatan Rusia (dan Presiden Vladimir Putn) di balik kemenangan itu. Dalam soal ini bahkan muncul sebutan Anjing Pudel Rusia buat Trump karena kedekatannya, juga beberapa orang yang dia siapkan sebagai anggota kabinetnya, dengan Putn.