Aduh, Gatalnya Bag3

Dugaan utama, PUPPP timbul sebagai imbas dari peningkatan level hormon kehamilan atau akibat dari meregangnya kulit pada perut mamil. Kulit yang meregang, kemudian ”sobek” (menjadi stretch marks), dan tubuh memberikan reaksi berlebihan dengan ”mengeluarkan” ruam merah. ‘

Baca juga : Kerja di Jerman

INTRAHEPATIC CHOLESTASIS OF PREGNANCY (ICP) ICP atau istilah lainnya Obstetric Cholestasis (OC), sebenarnya jarang terjadi dan hanya dialami oleh s mamil dari .000 kehamilan. Namun, berbeda dengan kasus gatal-gatal lain, ICP termasuk dalam kategori gatal berat yang timbul di masa kehamilan. ICP adalah kondisi terganggu atau melambatnya aliran empedu dari lever ke usus sehingga asam empedu tertimbun di dalam tubuh. Akibatnya, mamil mengalami gejala gatal parah di seluruh bagian tubuh, meski tidak dibarengi ruam.

Menurut para ahli, perempuan yang berisiko mengalami gangguan ini adalah yang tengah hamil anak kembar, menjalani program bayi tabung atau IVF (in vitro fertilization) atau memiliki riwayat penyakit lever sebelumnya. Mamil yang menderita kondisi ini berisiko melahirkan secara prematur. Selain itu, terdapat sejumlah kekhawatiran lain pada keselamatan janin, seperti: risiko bayi meninggal di dalam kandungan (stillbirth), janin stres, serta risiko mekonium bercampur dengan air ketuban. Pada mamil, terdapat risiko gangguan pernapasan dan perdarahan.

Disamping itu, beberapa gejala lain dari kondisi ini adalah: U Gatal paling parah terasa di telapak tangan dan kaki, bisa jadi berulang atau terusmenerus. Umumnya, gatal timbul di malam hari sehingga membuat mamil tak bisa tidur. U 8rine berZarna gelap dan tinja berwarna pucat (keabuabuan). U Kelelahan. U +ilang selera makan. U Depresi ringan. U Menderita penyakit kuning.

Dokter akan mendiagnosis ICP, antara lain melalui tes darah, untuk memeriksa fungsi lever. Jika positif menderita ICP, mamil dianjurkan melakukan tes fungsi lever secara rutin untuk memantau kondisi lever sampai dengan waktu melahirkan tiba. Untuk meredam gatal akibat ICP, mamil bisa mencoba mengoleskan beberapa krim pereda gatal yang aman. Sama seperti gangguan gatal yang lain, ICP juga akan hilang dengan sendirinya setelah Mama menjalani persalinan.

Sumber : https://ausbildung.co.id/