Coating Menentukan Kekuatan yang di Miliki Situs Judi

Coating Menentukan Kekuatan yang di Miliki Situs Judi – Saat ini, konstruksi atap baja ringan sudah mulai menggeser penggunaan konstruksi kayu. Bahannya yang tahan lama, antirayap, ringan, dan dapat dipasang dengan cepat memang menjadi daya tarik material ini. Namun tahukah Anda, bahwa selain jenis bahan yang digunakan, kekekuatan baja ringan juga ditentukan oleh jenis coating-nya? Umumnya, rangka atap baja ringan dilapisi (di-coating) oleh 2 jenis bahan. Pertama yaitu jenis pelapis galvanis (seng) yang tersusun dari campuran seng sebanyak 98% dan silikon.

Coating Menentukan Kekuatan yang di Miliki Situs Judi

Lapisan seng inilah yang melapisi baja CRC tersebut dan membuatnya jadi antikarat. Pelapis jenis galvanis ini sebenarnya tidak terlalu tahan terhadap karat sehingga kurang cocok digunakan pada daerah tepi laut yang tingkat korosinya tinggi. Namun, untuk menambah ketahanan terhadap karat, galvanis biasanya dibuat lebih tebal dari baja ringan dengan pelapis lainnya. Inilah yang dilakukan oleh Giga Steel, yang menggunakan pelapis galvanis dengan ukuran 220gr/m2 (ukuran standar 180gr/m2). Berbeda dari galvanis, galvalum adalah lapisan coating yang mengandung unsur aluminium (55%), seng (43,5%), dan silikon (1,5%).

Galvalum memiliki kekuatan terhadap karat yang lebih tinggi dibandingkan galvanis sehingga banyak digunakan di daerah yang beriklim lembap dan rentan karat. Selain kedua jenis pelapis tersebut, produsen-produsen kenamaan di bidang baja ringan seperti J Steel dan Sakura Truss biasanya juga memiliki jenis pelapis berjenis khusus. J-Steel misalnya, memiliki pelapis jenis ZAM (zinc, aluminium 6% dan magnesium 3%) yang memiliki ketahanan hingga 60 tahun.

Yang Memengaruhi Harga :
1. Tipe atap. Atap yang berbentuk limas lebih mahal daripada atap berbentuk pelana.
2. Beban yang ditanggung rangka atap (lampu, toren, pemanas air). Semakin banyak beban yang ditanggung, semakin mahal harga baja ringan karena bahan yang dibutuhkan semakin banyak.
3. Jenis genting. Selain bobot, ukuran genting juga berpengaruh terhadap harga. Genting yang kecil, yang membutuhkan reng yang banyak, akan membuat rangka atap semakin mahal.