Jejak Jenderal Di Suap Lelang Bagian 3

Kewenangan Sekretaris Bakamla antara lain menjadi kuasa pengguna anggaran. Peren canaan proyek pengadaan barang dan jasa, lelang, serta penentuan pemenang tender berada di bawah naungan kuasa pengguna anggaran. Selama tujuh bulan menjadi kuasa peng guna anggaran, Eko menangani lelang tiga pengadaan alat pengawasan satelit. Perta ma, tender backbone coastal surveillance system senilai Rp 400 miliar. Pemenang le lang adalah CMI Technology.

Kedua, proyek pengadaan long range camera plus tower Rp 102 miliar yang dimenangi PT Zha sa Putra Deratama. Terakhir, pengadaan alat monitoring satelit Bakamla dengan pemenang PT Melati Technofo. Nah, dalam lelang terakhir, Eko diduga mengatur spesifkasi alat monitoring satelit agar klop dengan barang yang ditawarkan PT Melati Technofo. Pengadaan semua alat sistem pengawasan itu untuk menunjang tugas Bakamla dalam patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia.

Peralatan itu rencananya akan ditempatkan di berbagai titik. Pengoperasian alat monitor itu akan terintegrasi dengan semua stasiun pemantau yang bisa diakses dari Pusat Informasi Maritim di Bakamla. Penandatanganan perjanjian dengan tiga pemenang tender berlangsung pada pertengahan Oktober lalu. Dari Bakamla, yang meneken perjanjian adalah salah satu pejabat yang merupakan jenderal bintang satu TNI.