Komponen Plastik dan Karet pada Mobil

Kota Bunga – Komponen Plastik dan Karet pada Mobil – P ernahkah Anda mendapati komponen- komponen plastik dan karet yang berada di dekat kaca depan mobil berubah warna menjadi kusam dan keabuabuan? Ya, pada umumnya hal tersebut terjadi pada mobil yang sering diparkir dalam keadaan terjemur matahari langsung. Jangan khawatir, ada langkahlangkah untuk mengembalikan kondisi material plastik dan karet tersebut menjadi hitam seperti semula. Memang, cara paling ampuh adalah dengan mengganti part baru, namun ini butuh biaya yang tak sedikit. Solusi lebih murah untuk mengembalikan warna komponen plastik dan karet ini adalah dengan aplikasi plastic restorer gel. Tak sulit untuk mengaplikasi produk ini. Selain gel seharga Rp 160 ribuan ini, alat yang perlu disiapkan adalah spons yang berfungsi sebagai media untuk membubuhkan gel ke komponen plastik. Selain itu juga dibutuhkan lap bersih untuk meratakan gel di permukaan yang akan direstorasi. Kali ini kami mengaplikasi gel di dua material berbeda. Pertama adalah trim plastik di dekat wiper, selain itu juga karet-karet kaca yang ada di eksterior. Dahulu trim plastik di dekat wiper biasa dikenal dengan sebutan panggangan sate.

Agar terlihat berbeda antara bagian yang belum dan telah di-treatment, kami sengaja memisahkannya dengan selotip kertas yang ditempel miring. Tahap selanjutnya, tuangkan gel secukupnya ke spons aplikator, setelah itu bubuhkan hingga merata ke plastik yang sudah kusam hingga merata. Gunakan bantuan kuas kecil untuk menjangkau daerah yang sulit. Biarkan cairan tersebut meresap selama kurang-lebih 5 menit. Setelah waktunya cukup biasanya permukaan gel mulai mengering, tapi seandainya masih ada cairan yang menumpuk ratakan menggunakan lap kering. Setelah diseka menggunakan lap kering, plastik pun warnanya kembali seperti baru.

“Cairan ini memang sifatnya sementara, tapi bisa sanggup hingga 4-5 kali cuci,” ujar Yongli selaku Product Specialist Professional & Sonax Service PT Mega Auto Prima. Tak hanya plastik, produk ini juga bisa difungsikan pada karet-karet kaca yang ada di eksterior. Tahapannya sama saja, tinggal tuangkan cairan, ratakan menggunakan spons, lantas diamkan 5 menit. Seka dengan lap kering, dan karet pun berubah menjadi lebih hitam. Selain itu, cairan ini juga bisa digunakan pada bahan plastik yang memiliki tekstur kulit jeruk di mobil. Misalnya spion, mud guard, bumper, hingga over fender di SUV. Jadi tak perlu beli part baru kan?