Pelayanan BPJS Kehamilan, Persalinan, dan Anak

KEHAMILAN • Dilakukan di Faskes-1 (Fasilitas Kesehatan Tingkat I). • Pemeriksaan kehamilan atau Ante Natal Care (ANC) sesuai standar diberikan dalam bentuk paketpaling sedikit 4 (empat) kali dengan distribusi waktu 1 kali pada trimester pertama kehamilan, 1 kali pada trimester kedua kehamilan, dan 2 kali pada trimester ketiga kehamilan. • ANC

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

meliputi: pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pengukuran lingkar lengan atas, pemeriksaan tinggi fundus uteri (puncak rahim), pemeriksaan denyut jantung janin dan posisi janin, skrining status dan pemberian imunisasi tetanus toksoid, pemberian tablet tambah darah dan asam folat, serta temu wicara (konsultasi). Ibu dengan kasus tertentu, yang dinilai secara medis tidak cukup hanya mendapatkan pelayanan di Faskes-1 DIRUJUK ke rumah sakit satu rayon. Contoh, ibu dengan perdarahan hebat/berulang.

PERSALINAN • Persalinan tanpa penyulit alias per vaginam (normal) dilakukan di Faskes-1. • Persalinan dengan penyulit (sesuai indikasi medis), pembukaan yang tak kunjung maju, riwayat dua anak sebelumnya sesar, DIRUJUK ke rumah sakit satu rayon. • Untuk ibu yang sudah diprediksi harus melahirkan sesar dengan alasan medis, satu bulan sebelum persalinan sudah dirujuk ke rumah sakit satu rayon. • Pelayanan nifas meliputi: pemeriksaan tekanan darah, nadi, respirasi (pernapasan) dan suhu; pemeriksaan tinggi fundus uteri (puncak rahim); pemeriksaan lokia (darah pascabersalin) dan pengeluaran per vaginam lainnya; pemeriksaan payudara dan dukungan pemberian ASI Eksklusif; pemberian vitamin A; pelayanan Keluarga Berencana pascapersalinan; konseling dan edukasi perawatan kesehatan; serta penanganan risiko tinggi dan komplikasi pada ibu nifas.

BAYI • Pelayanan neonatal (bayi baru lahir) di Faskes-1: pemberian vitamin K1, salep mata antibiotik, imunisasi hepatitis B dan polio, perawatan tali pusat, serta konseling terkait dengan pemberian ASI Eksklusif, perawatan tali pusat, deteksi dini tanda bahaya dan pencegahan infeksi. • Pelayanan neonatal diberikan sekurang-kurangnya 3 (tiga) kali, yakni: pada 6 jam sampai 48 jam pascakelahiran, pada hari ke-3 sampai hari ke-7 pascakelahiran, dan pada hari ke-8 sampai hari ke-28 pasca-kelahiran.

Pelayanan pra-rujukan (di Faskes-1) pada komplikasi kebidanan dan neonatal meliputi: a. Tindakan untuk menjamin kelancaran jalan napas, pemulihan sistem respirasi, dan sirkulasi. b. Tindakan untuk menghentikan sumber perdarahan atau infeksi. c. Tindakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. d. Tindakan mengatasi rasa nyeri atau gelisah. e. Tindakan pemberian obat/medikamentosa sesuai indikasi.

Sumber : https://eduvita.org/