Permainan Untuk Perkembangan Bicara

? Katakan apa yang hilang Permainan ini dapat dilakukan di lantai ataupun di atas meja. Kita dapat menggunakan benda-benda berupa mainan anak-anak atau benda-benda lainnya di lingkungan rumah, semisal sendok, garpu, pensil, penggaris, penghapus, buah-buahan plastik, dsb. Kemudian, gunakan juga buku atau benda lain yang besar sebagai penghalang. Cara Bermain: Letakkan dua atau tiga benda di atas meja. Minta anak memerhatikan benda-benda apa saja yang ada di atas meja.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Setelah itu, gunakan penghalang untuk menghalangi benda-benda tersebut. Berikutnya, angkat satu benda dari atas meja, lalu tunjukkan benda yang tersisa di atas meja. Tanyakan kepada anak, “Apa yang hilang?” Beri kesempatan pada anak untuk menjawab. Jika anak sudah dapat menjawab satu benda yang hilang, kita dapat melanjutkan permainan dengan menambah jumlah benda dan menanyakan dua benda yang hilang. Maka, anak akan menjawab dua benda yang hilang dengan kalimat pendek, semisal, “Garpu dan sendok.”

Permainan pun ditingkatkan lagi, jumlah benda ditambahkan dan tiga benda yang hilang. Ketika anak sudah memahami permainan, kita dan si kecil dapat berganti peran. Si kecil yang memimpin permainan, ia yang menanyakan benda yang hilang dan kita yang menjawab pertanyaannya. ? Katakan apa ini Permainan ini menggunakan kartu-kartu bergambar yang dapat dibeli di toko buku ataupun dibuat sendiri dari gambar-gambar yang di-upload di komputer/majalah. Cara Bermain: Tunjukkan gambar tersebut kepada anak dan tanyakan apa yang ia lihat.

Anak akan menjawab pertanyaan tersebut dengan satu kata, seperti: “apel”, “anggur”, dsb. Tingkatkan permainan ini dengan mengembangkan jawaban satu kata menjadi kalimat pendek. Contoh: tunjukkan gambar apel kepada anak, lalu kita mendeskripsikan gambar tersebut dalam kalimat pendek. Selanjutnya, minta anak mendiskripsikan lagi gambar tersebut, tentang hal yang berbeda dari yang sudah dikatakan oleh kita. Contoh: dari beberapa jawaban berbeda yang mewakili satu gambar sama, seperti: apel merah, dua apel, beli apel, dst. Contoh jawaban lain dengan kalimat lebih dari dua kata, misalnya: itu sepeda baru, ibu beli sepeda, adik naik sepeda, dsb.

Sumber : https://ausbildung.co.id/