manfaat daun jati cina

Selain Untuk Pelangsing, Ini 6 Manfaat Daun Jati Cina Lainnya

Jasa interior murah – Sebagian tanaman yang ada di bumi ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan herbal, salah satunya adalah daun jati cina. Daun jati cina dikenal juga dengan nama Senna atau Alexandia Senna.

Daun jati cina memiliki struktur berbentuk lonjong, panjang – panjang dengan tepi daun yang datar, dan berwarna hijau ke abu – abuan.

Selain itu pohon jati sering dimanfaatkan  untuk berbagai macam keperluan furniture ruangan mulai furniture rumah hingga dimanfaatkan untuk memperindah ruangan Anda dengan menggunakan jasa interior murah.

Dan dimana jasa interior murah akan memperindah ruangan rumah, kantor hingga apartmen dan Anda dapat memesannya di jasa interior ruangan.

Selain itu daun jati cina sudah digunakan oleh dokter Arab sebagai tanaman herbal sebagai obat pencahar alami sejak abad ke-9. Berdasarkan analisis fitokimia, daun jati cina mengandung katekin, kariofilen, triterpen, farnesol, fiedelin, prekosen I, asam kaurenat, prosianidin B-2, prosianidin B-5, prosianidin C-1, sitosterol, alkanoid, dan karotenoid.

 

6 Manfaat Daun Jati Cina

 

Daun jati cina mengandung zat sennosides yang bekerja sebagai pencahar alami dan digunakan sebagai pelangsing.

Penggunaan daun jati cina biasanya dikeringkan dulu kemudian dijadikan teh. Sejak dulu daun jati cina dimanfaatkan sebagai obat pencahar alami karena di dalam daun ini terkandung zat laxative. Daun jati cina juga seringkali digunakan untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Manfaat daun jati cina lainnya bisa Anda simak berikut ini.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun jati cina populer dikonsumsi oleh orang yang menjalani program diet karena manfaat daun jati cina dapat menekan rasa lapar. Hal ini karena daun jati cina mengandung serat yang tinggi sehingga seseorang yang mengonsumsinya merasa kenyang dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet dengan daun jati cina, Anda juga perlu menjalakan pola makan sehat dan pola hidup sehat.

  1. Mengecilkan Perut Buncit

Memiliki perut buncit seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Masalah perut buncit ini tidak hanya dialami oleh wanita tetapi dialami juga oleh para pria. Manfaat daun jati cina dapat digunakan untuk mengecilkan perut buncit karena daun jati cina dapat bekerja cepat untuk membakar lemak.

  1. Sebagai Pencahar Alami

Sembelit atau susah buang air besar bisa diatasi dengan manfaat daun jari cina. Daun jati cina mengandung zat yang disebut sennosides, zat ini bekerja dengan mengiritasi lapisan usus yang memicu munculnya efek pencahar.

Efek pencahar ini membantu melunakkan tinja dan menginduksi ekskresi yang dapat membantu melancarkan buang air besar pada orang yang menderita sembelit parah.

  1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Saat mengonsumsi daun jati cina, tubuh dapat menyerap sari – sari makanan lebih cepat sari makanan dan nutrisi. Sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Lancarnya proses metabolisme membantu memperlancar keluarnya racun dari dalam tubuh. Efek detoksifikasi dari daun jati cina dapat membantu membersihkan perut.

  1. Membantu Meredakan Peradangan Bagi Penderita Wasir

Wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak atau meradang. Wasir bisa terjadi karena kelamaan mengejan saat buang air besar. Penderita wasir biasanya merasakan nyeri saat buang air besar.

Manfaat daun jati cina dapat melunakkan feses sehingga dapat mencegah buang air besar yang menyakitkan bagi penderita wasir.

  1. Mengatur Kolesterol dalam Tubuh

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Manfaat daun jati cina dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LD) dan menjaga kadar kolesterol baik (HDL).

Efek Samping Daun Jati Cina

Walaupun daun jati cina termasuk tanaman herbal, tetapi daun jati cina tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Umumnya teh daun jati cina akan bereaksi sekitar 7 – 8 jam setelah diminum. Efek yang ditimbulkan diantaranya keringat berlebih, feses yang berminyak saat buang air besar, serta perut kembung.

Agar tidak mengganggu aktivitas, disarankan untuk mengonsumsi teh daun jati cina sebelum tidur. Hindari mengonsumsi teh daun jati cina secara berlebihan dan dalam jangka panjang karena bisa merusak fungsi pencernaan dan fungsi ginjal.