Tidur Siang Baik Untuk Si Kecil Bag3

Jumlah waktu yang diperlukan batita untuk tidur dalam 1 hari sekitar 12-14 jam, sehingga jika mereka tidur malam selama kurang lebih 10 jam, maka perlu waktu 2 jam bagi mereka untuk tidur siang. “Yang perlu dipastikan, meskipun tidur siang cukup penting, namun waktu tidur siang tidak mengurangi atau memotong waktu batita untuk makan siang atau bahkan me le watkan waktu makan siang,” tegas Rini. Usahakan batita tidur setelah makan siang.

Baca juga : ausbildung jerman

Selain itu, tidur siang terlalu lama, kemungkinan akan mengganggu waktu tidur malam karena mereka akan lebih sulit untuk tidur tepat waktu. TAK PERLU DIPAKSA Banyak juga orangtua berpendapat bahwa tidak perlu tidur siang, asalkan anak tidak beraktivitas terlalu berat. “Anak saya memang susah tidur siang, tapi setiap siang ia istirahat di rumah, menonton video atau membaca buku. Kadang-kadang sampai tertidur, tetapi seringnya sih tidak,” ujar Retno, ibu dari Lia. Melihat hal ini, Rini mengatakan, jika batita tidak menunjukkan keinginan tidur siang atau tidak mengantuk, kita tidak perlu memaksa mereka.

“Jangan sampai pengalaman tidur siang menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi mereka,” ujarnya. Ada baiknya kita mengevaluasi kegiatan anak sebelumnya, apakah ia tidur terlalu lama di malam hari ataukah bangun terlalu siang. Apa pun kegiatan anak termasuk tidur siang, janganlah sampai mem bebani anak dan menimbulkan rasa tidak menyenangkan. Ji ka anak tidak ingin tidur siang, kita dapat mengajak mereka melakukan aktivitas bermain yang tidak terlalu melelahkan. Tidur siang memang merupakan hal yang penting, namun bukanlah sesuatu yang mutlak.

Jika batita menunjukkan perilaku kelelahan ataupun terkadang marah tanpa alasan, bisa jadi tidur siang merupakan solusi bagi anak untuk kembali segar. Perlu tidaknya tidur siang bisa pula dilihat dari jumlah jam tidur batita di malam hari, jika jam tidur sudah memenuhi jumlah jam ideal, maka menjadi tidak urgent bagi orangtua untuk memaksa anak tidur siang. Sebelum tidur siang, penuhi kebutuhan makan anak. Perut nyaman membuat si kecil lebih mudah tidur nyenyak.

Sumber : https://ausbildung.co.id/